Selasa, 20 Januari 2015

Ketika Langit Pantai Padang Galak Berhiaskan Layang-Layang


Festival Layang-Layang.
Adalah sebuah festival yang selenggarakan setiap 1 tahun sekali yaitu pada bulan Juli. Makna dari festival layangan ini adalah persembahan kepada Dewa Rare Anggon yang dipercaya sebagai pelindung areal pesawahan petani sehingga sawah masyarakat Bali tak terkena hama wereng maupun burung. Festival ini diselenggarakan di pantai padang galak Kota Denpasar. Hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang akan berkunjung ke Bali karena anda melihat berbagai macam layang-layang berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga ukuran yang sangat besar. Dan jenis layang-layangnya pun beragam, ada yang layangan tradisional hingga layangan berbentuk 3 dimensi. Festival layang-layang ini dilombakan dan diikuti oleh berbagai banjar di denpasar dengan peserta mulai dari anak-anak hingga dewasa. (Banjar adalah pembagian wilayah administratif di Provinsi Bali, Indonesia di bawah Kelurahan atau Desa, setingkat dengan Rukun Warga. sumber: wikipedia).

Festival ini menjadi ajang adu gengsi dari masing-masing banjar. Bagi banjar yang berhasil menerbangkan layangan dan dapat bertahan lama berada di udara, maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi banjar tersebut. Karena menerbangkan dan mempertahankan keberadaan layangan di udara dengan ukuran yang sangat besar tentunya tidak mudah, perlu beberapa orang dewasa yang menerbangkannya dan yang paling penting adalah kekompakan antar anggota. Kesulitan terbesar yang sering dihadapi peserta adalah hembusan angin yang terkadang kencang dan terkadang lemah. Apabila tiupan angin lemah, maka peserta harus segera menarik benang dengan cara berlari.

Bagi anda yang ingin melihat festival layang-layang ini, dapat berkunjung ke Pantai Padang Galak Denpasar yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Sanur. Namun yang perlu diperhatikan ketika anda melihat festival ini adalah lokasi anda berada, tetaplah waspada dan jangan sampai anda menginjak benang layangan dan menghalangi peserta lomba yang sedang berusaha menerbangkan layang-layang.

Foto-foto festival layang-layang :

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar