Senin, 24 November 2014

Megahnya Pura Besakih.


Pura Besakih, adalah sebuah komplek Pura yang terletak di Desa Besakih Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Lokasi Pura Besakih ini yaitu berada di kaki Gunung Agung, gunung tertinggi di Pulau Bali yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai gunung suci. Pura Besakih terdiri dari beberapa Pura yaitu:
- 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih)
- 18 Pura Pendamping yang terdiri dari 1 Pura Basukian dan 17 Pura lainnya


Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura-pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi. Pura Besakih masuk dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995. (sumber: wikipedia)

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pura Besakih, sebaiknya anda pergi saat pagi hari karena selain perjalanannya lumayan lama dan harus melewati jalanan seperti hutan, juga pemandangan disana akan sangat indah dengan udara yang masih sejuk. Dan usahakan ketika berkunjung untuk menggunakan pakaian yang sopan karena walau bagaimanapun juga Pura Besakih merupakan tempat ibadah. Namun jangan khawatir, disana juga ada tempat-tempat sewa kain untuk digunakan sebagai sarung sebelum anda memasuki kawasan Pura Besakih.

Selain itu, ketika anda berkunjung ke Pura Besakih, akan ada seorang Guide/Pengantar yang siap mengantar anda berkeliling area Pura Besakih dan menjelaskan sejarah dari masing-masing Pura atau area disana. Dia pun akan memberitahukan anda mana area yang bisa kita masuki dan mana yang tidak bisa. Namun jangan lupa untuk menyisihkan uang tips untuk diberikan kepada Guide tersebut sebagai jasa untuk mengantar kita dan bercerita panjang lebar.

Berikut adalah foto di beberapa area Pura Besakih:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar