Rabu, 23 Maret 2016

"Surga" Di Bawah Laut itu Bernama MENJANGAN



Menjangan Island - Pulau Menjangan - Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

Kenapa judul artikel ini seperti sedikit agak Lebay. Karena saya akan sharing tentang sebuah pulau di sebelah barat pulau Bali atau yang dikenal dengan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) atau Pulau Menjangan.

TNBB/Menjangan adalah sebuah pulau yang "SESUATU" banget buat saya pribadi, mengapa ? karena tempat ini merupakan salah satu spot terbaik bagi anda pecinta  olahraga air, terutama snorkeling maupun diving. Sebelumnya saya pernah mengunjungi spot di pantai Amed, dan Tulamben di Karangasem. Kedua spot tersebut memiliki keunikan masing-masing. untuk di Tulamben anda akan disuguhi sebuah penampakan Bangkai Kapal Karam yang sekarang sudah jadi rumah ikan. Namun untuk snorkeling ataupun diving di Menjangan, anda akan disugui pemandangan taman bawah air yang Luarrr Biasaa bagusnya. Yang menjadi unik di Menjangan adalah kalian bisa melihat hamparan terumbu karang di kedalaman sekitar 1-1,5 meter. Namun bagi kalian yang punya nyali lebih, sekitar 100 meter dari bibir pantai kalian akan menemukan sebuah tebing di setelahnya yang entahlan berapa kedalamannya.. Bagi yang suka diving atauppun freedive, bisa dicoba kesana..

Di Pulau Menjangan ini kalian bisa melihat beragam terumbu karang dan banyak sekali jenis-jenis ikan laut, mulai dari clown fish (nemo), kerapu, belut laut, ikan buntal, dan masih banyak lagi. Bahkan kalau kalian beruntung, kalian bisa ketemu sama penghuni laut ini yaitu ikan Whale Shark (ikan hiu paus). Dan saya salah satu orang yang setengah beruntung, mengapa ? karena di spot tersebut saya ga ketemu sama si Whale Shark itu, tapi di perahu saat perjalanan pulang, saya berpapasan dengan "beliau". Beuuuhh rasanya pengen nyemplung lagi dan ber-selfie yang anti mainstream dengan ikan itu.. hehe *maybe next time*.

Kalau kalian mau berkunjung ke TNBB ini atau Pulau Menjangan ini, siap-siap buat menempuh perjalanan yang bisa dibilang engga sebentar, karena perjalanan dari Denpasar ke TNBB ini ditempuh dengan kurang lebih 4-5 jam perjalanan (itu pun kalau lancar). Setelah disana kalian harus membeli tiket masuk dan biaya sewa kapal. Untuk rincian harganya saya lupa... hehehe. Saya sarankan bagi kalian yang mau kesana, mending ajak temen-temen, karena bisa sharing untuk biaya sewa kapalnya. Kapal itu sendiri disewa dengan durasi 3 jam dan kita bakal di anter ke 2 spot.

Hmm... apalagi ya, mungkin cukup itu dulu info yang bisa saya bagikan, karena kalau cuma lewat artikel engga akan bisa menggambarkan panorama yang ditawarkan oleh si Menjangan. Dan saya akan bagikan sedikit dokumentasi yang ada..

Sekian dan terima kasih

Salam.

Foto-foto di Pulau Menjangan




 

2 komentar: